xx

xx

Minggu, 01 Mei 2016

Mengapa semakin lama Android menjadi Lemot ?

Hal paling menjengkelkan bagi para pengguna ponsel pintar android adalah Berjalannya sistem dan aplikasi yang lambat alias lemot. Sudah menjadi rahasia umum suatu Operating system baik itu di PC maupun di smartphone, semakin sering digunakan maka efeknya semakin membuat sistem dan beberapa aplikasi yang berjalan menjadi lambat tidak seperti ketika pertama kali memakainya ( masih baru ).

Banyak keluhan yang muncul seiring berjalannya waktu bagi pengguna smartphone android, walau tidak banyak aplikasi yang terinstall di gadgetnya namun tetap saja masalah lambatnya kinerja sistem menjadi problem tersendiri. Permasalahan melambatnya kinerja di smartphone bukan hanya dihinggapi gadget yang berspesifikasi rendah, bahkan tidak sedikit pula smartphone kelas high-end mendapati masalah yang sama terhadap kinerja ponselnya yang kian hari kian melambat.

mengapa android semakin lama semakin lemot ?

Sebenarnya apa saja penyebab melambatnya kinerja sistem dan kinerja beberapa aplikasi di smartphone android itu sebenarnya ? mari simak sebab-sebabnya di bawah ini.

1. Banyaknya aplikasi yang tertanam di ponsel pintar menjadi pemicu utama semakin melambatnya kinerja sistem di android. Setiap aplikasi yang anda install akan selalu dimonitor oleh sistem, bahkan beberapa aplikasi yang kinerjanya berjalan pada proses startup malah semakin menambah beban kinerja smartphone. Banyak pengguna yang belum tahu kalau menanan secara sembarangan dan menumpuk-numpuk aplikasi yang tidak diperlukan sangat membebani kinerja sistem dan memboroskan daya baterai.

2. Banyaknya sampah serta recent aplikasi yang sering dibuka oleh pengguna. Suatu aplikasi berjalan dengan memanfaatkan cache agar tidak terlalu membebani kinerja RAM dan prosesor. Tapi adakalanya proses aplikasi yang berjalan menyisakan sampah serta recent histories yang tidak diketahui penggunanya. Semakins sering aplikasi tersebut terbuka maka semakin besar sampah yang bertumpuk di sistem yang akibatnya akan membebani kinerja samartphone.

3. Sering melakukan Install dan Unistall aplikasi. Dimana pada pengguna smartphone yang suka ber-eksperiment dan selalu mencoba-coba beberapa aplikasi untuk sekedar mengetahui kinerjanya rata-rata akan banyak melakukan proses unistall ( pencopotan ) aplikasi yang menyebabkan sector-sector di dalam ruang penyimpanan berpetak-petak menyisakan ruang yang tidak berurutan. Bagi yang sudah biasa dengan proses defragmented tentu akan mengerti bagaimana suatu file dibaca dalam urutan sector-sector di ruang penyimpanan. Banyaknya ruang terfragment akan menyebabkan pembacaan file sedikit membutuhkan waktu karena letaknya yang tidak beraturan dan berurutan.


4. Jarang melakukan reboot ponsel. Meloading ualng sistem pada dasarnya untuk melakukan refresh data dan menata kembali file sistem yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Banyak pengguna smartphone android yang malas untuk mereboot ponselnya dengan alasan masih bekerja normal dan tidak ada masalah sedikitpun dalam menjalankan berbagai aplikasi. Padahal dengan sesekali melakukan booting ulang maka sistem akan melakukan penataan kembali semua file-file yang diperlukan agar kinerja ponsel kembali normal.

5. Sering menjalankan game 3D atau game dengan resolusi HD juga sebagai pemicu melemahnya kinerja smartphone. Aplikasi game yang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi seperti komponen pada kartu grafis, RAM yang besar dan prosesor dengan core yang tinggi tentu semakin hari semakin melemahkan kinerja komponen-komponen tersebut. Semakin sering dan berlama-lama dalam bermain game akan memicu semua komponen di dalam smartphone untuk bekerja ekstra keras dan akhirnya akan melemahkan kinerjanya.

6. Kartu memori eksternal yang abnormal juga sering menjadi pemicu leletnya sistem android. Banyak pengguna gadget yang tidak menyadari bahwa kartu memori semisal microSD di gadgetnya semakin melemah kinerjanya. Walau masih bisa digunakan terkadang memori eksternal mengalami beberapa malfunction yang tidak disadari. Bila anda merasa ponsel merasa begitu lambat jangan terburu-buru menyalahkan smartphone-nya, coba dahulu copot memori eksternal dan reboot ulang ponsel anda. Bila kinerja ponsel membaik ( tidak lelet seperti sebelumnya ) maka permasalahan ada pada kartu memori anda.

7. Umur ponsel, Nah kalau faktor yang satu ini sudah menjadi masalah klasik dari semua perangkat elektronika. Semakin hari semakin berkurang kinerja dan lifetime dari setiap komponen yang ada. semakin sering anda berlama-lama dengan gadget kesayangan maka semakin menurun pula kinerja setiap komponen di gadget tersebut.

Semoga ulasan tentang beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja smartphone android diatas bermanfaat bagi para pembaca setia Dunia android. Jangan lupa baca juga tips dan ulasan menarik lainnya seputar android yang tentu saja asik untuk disimakdan menambah khasanah ilmu kita bersama.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar