xx

xx

Senin, 18 Januari 2016

Cara agar Ikon Aplikasi Tidak muncul di layar utama

Google Play memang sudah Populer sebagai Gudangnya aplikasi gratisan maupun berbayar dengan dukungan dari vendor si empunya Android yaitu Google. Dimana google play sudah menjadi menu wajib bagi pengguna android dalam memilih market aplikasi yang aman karena adanya filter dari pemilik marketnya ( google ). Berbicara mengenai aplikasi yang terunduh dan terinstall dari market playstore, di Smartphone pengguna pada settingan defaultnya akan tampak ikon aplikasi di layar utama setelah aplikasi benar-benar terinstall secara sempurna. Namun adakalanya pengguna merasa ikon yang tampil di layar utama tidak dibutuhkan dan pengguna cenderung malas untuk menghapusnya. Pertanyaannya, bagaimana menonaktifkan atau menghalangi ikon muncul di layar utama setelah proses instalasi aplikasi dari playstore ?

ikon google pley

Sebagaimana diketahui, ikon aplikasi merupakan jalan pintas atau shortcut untuk memudahkan pengguna dalam mengeksekusi sebuah program yang sudah tertanam di sistem. Dengan ikon pula pengguna akan mudah menemukan aplikasi yang ingin dibuka tanpa bersusah payah mencari dengan cara mengetik di mode command prompt karena sifat gambarnya yang unik dan mudah dikenali pengguna aplikasi. Ikon yang tampil setelah proses instalasi secara default ada di dua tempat yaitu di hamparan layar utama dan di dalam hamparan layar menu. 

Bagi pengguna lainnya, ikon yang ada di layar utama memang mengganggu pandangan dan keindahan wallpaper smartphone penggunanya. Daripada harus menghapus satu per satu ikon aplikasi mungkin sebaiknya anda mengubah pengaturan lanjutan yang akan menonaktifkan aplikasi membuat ikon baru setelah proses instalasi berhasil dilakukan. Bagaimana caranya ? simak tutorialnya di bawah ini.


1. Buka aplikasi PlayStore di smartphone anda

2. Kemudian buka opsi menu, letaknya ada di pojok kiri atas dan pilih opsi 'Setelan'

setelan play store

3. Di opsi setelan tersebut hapus tanda centang 'Tambahkan ikon ke layar utama'

pengaturan ikon aplikasi

4. Tutup kembali opsi pengaturan atau setelan dan silahkan coba menginstall aplikasi dari play store, anda tidak akan melihat lagi ikon berada di layar utama dan hanya ada 1 di layar menu.

Semoga tips singkat diatas bermanfaat bagi sobat semua, untuk pertanyaan silahkan berikan komentar anda di kolom comment di bawah artikel ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar